Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Peer Review Process

Peer review Proses

Editor In chief akan melakukan penilaian awal dari setiap naskah yang diajukan berdasarkan kecocokannya dengan panduan penulisan, fokus dan ruang lingkup jurnal Wadi Husada. Jika naskah yang dikirimkan memenuhi kriteria ini, Editor In Chief menugaskannya kepada salah satu anggota Tim Editorial (editor Bagian) yang akan melakukan penilaian kedua dari naskah tersebut berdasarkan pada prestasi ilmiah dan validitas artikel dan pengaruhnya. metodologi, relevansi artikel, minat topik kepada pembaca, dan penyajian dan pemahaman artikel itu sendiri.

Jika naskah yang dikirimkan cocok untuk dikirim ke reviewer, naskah yang dikirimkan ditinjau oleh satu atau dua anggota Reviewer jurnal yang tidak memiliki potensi konflik kepentingan dan sesuai bidang kajian artikel tersebut. Jika editor tidak menemukan reviewer spesifik untuk naskah yang dikirimkan, mereka akan mencari spesialis lain dari topik yang bereputasi setara dan berdasarkan pada keahlian dan kedudukannya di bidangnya. Proses review dilakukan secara blind review.

Peninjau akan mengembalikan rekomendasi dan laporan mereka kepada editor, memberikan komentar umum kepada editor dan baik komentar umum maupun khusus kepada penulis. Komentar konstruktif yang mungkin membantu penulis meningkatkan hasil penelitian mereka dan disampaikan secara anonim. Setelah itu, editor menilai mereka secara kolektif, dan kemudian membuat keputusan, baik sendiri atau berkonsultasi dengan editor lain tentang apakah akan menolak naskah. Keputusan akhir tentang penerimaan untuk publikasi terletak pada Editor in Chief.

Editor akan mengkomunikasikan keseluruhan hasil evaluasi (ditolak, diterima atau diterima dengan modifikasi), termasuk komentar peninjau. Manuskrip yang direvisi dapat dikenakan review lebih lanjut jika sesuai