Author Guideline

PETUNJUK BAGI PENULIS

TUJUAN DAN RUANG LINGKUP

 Majalah Ilmiah Wadi Husada diterbitkan sebagai perwujudan visi RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar yang juga merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran UNHAS, yang selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, juga mempunyai kewajiban untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian.

Redaksi menerima tulisan dalam bentuk Editorial, Artikel Asli, Laporan Kasus, Tinjauan Khusus/Review, dan juga menjadi media komunikasi/konsultasi dan Informasi Kedokteran/Kesehatan yang relevan. Untuk setiap penerbitan diharapkan terdiri dari 1 artikel Review, minimal Artikel Asli, dan 2 Laporan Kasus.

 

KETENTUAN UMUM 

  1. Naskah yang masuk ke redaksi akan diterbitkan setelah ditelaah oleh tim reviewer Wadi Husada yang merupakan pakar di bidang ilmu yang sesuai (peer review), dan setelah dilakukan revisi editorial, format, atau isi oleh staf redaksi.
  2. Untuk menghindari duplikasi, redaksi tidak menerima artikel yang sudah pernah dipublikasikan atau sedang diajukan ke majalah lain. Untuk itu, penulis harus menyertakan surat pernyataan belum dipublikasi dan ditandatangani. Bila diketahui bahwa artikel telah dimuat pada majalah lain, maka hal ini akan dianulir pada Jurnal Wadi Husada edisi berikutnya.
  3. Penulis harus memastikan bahwa semua penulis pembantu telah menyetujui untuk publikasi, dengan menyertakan surat persetujuan yang ditandatangani oleh semua penulis.
  4. Artikel penelitian yang menggunakan manusia sebagai subyek harus medapat persetujuan etik dari Komisi Etik Penelitian Kesehatan, dan melampirkan Ethical Clearance
  5. Editor berhak melakukan perbaikan terhadap format cara penulisan, kejelasan, dan susunan kata. Penulis dapat mengecek perubahan ini setelah dilakukan layout dan masih dapat memperbaikinya dalam batas duaminggu, sepanjang hal tersebut berupa koreksi terhadap kesalahan huruf/kata atau klarifikasi terhadap pernyataan yang salah.
  6. Naskah dikirim dalam bentuk1 (satu) softcopy (via email redaksi atau dalam CD) dan 3(tiga) rangkap hardcopy (kertas A4) dengan menyertakan lembar pernyataan belum pernah dipublikasi.

 

KETENTUAN PENULISAN

  1. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baku sesuai kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau dalam Bahasa Inggris.
  2. Jumlah halaman maksimal 15 (dimulai dari abstrak sampai daftar pustaka), jumlah gambar/table maksimal 10 dalam format jpg berwarna atau hitam putih, jumlah daftar pustaka maksimal 30 dan jumlah kata pada abstrak bahasa Indonesia maupun Inggris maksimal 250.

 

  1. Editorial :artikel dari redaksi/editor yang berisi opini tentang topic actual yang pernah atau sedang dipublikasi, maksimal 1 (satu) halaman, terdiri dari Judul dan Uraian.
  2. Research Article / Artikelasli; menjelaskan tentang hasil penelitian asli yang belum pernah dipublikasi di majalah ilmiah lain. Maksimal 12 halaman, terdiri dari Judul, Penulis, Institusi, Abstrak bahasa Indonesia dan Inggris, Latar Belakang, Tujuan, Metode, Hasil, Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  3. Case Report / Laporan Kasus, menguraikan tentang kasus-kasus medik yang menarik untuk didiskusikan dan perlu disebarluaskan, atau kasus yang jarang ditemukan. Maksimal 6 halaman, terdiri dari Judul, Penulis, Institusi, Abstrak bahasa Indonesia dan Inggris, Latar Belakang, Kasus, Pembahasan, Daftar Pustaka.
  4. Review Article/Tinjauan Pustaka; artikel yang mengulas berbagai hal mutakhir untuk penyegar ilmu kedokteran dan kesehatan. Maksimal 8 halaman, terdiri dari Judul, Penulis, Institusi, Abstrak bahasa Indonesia dan Inggris, Pendahuluan, Pembahasan, Simpulan, Daftar Pustaka.
  5. Media Korespondensi adalah rubrik yang memungkinkan pembaca dapat berinteraksi dengan penulis atau pakar seputar masalah kesehatan atau topik medik aktual yang pernah dipublikasikan dalam edisi penerbitan sebelumnya. Jumlah halaman maksimal 1 halaman.
  6. Informasi Ilmiah; memuat informasi tentang agenda kongres atau pertemuan ilmiah nasional atau internasional, atau tentang regimen atau teknologi terbaru dalam penatalaksanaan pasien, maksimal 2 halaman.

 

CARA PENULISAN ARTIKEL

Judul di tulis dalam bahasa Indonesia dan bahasaInggris tidak lebih dari 20 kata dan diketik dengan huruf Times New Roman, Font 14, jarak 1,15 spasi.

 

Teks ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan diketik dengan huruf Times New Roman, Font 12, jarak 1,15 spasi dan jarak tepi kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing     3 cm. Jika ada singkatan yang muncul lebih dari satu kali, maka pada pemunculan pertamaharus ditulis kata secara keseluruhan dengan singkatan ditulis di dalam kurung, contoh: Enzyme Link Immunosorbend Assay (ELISA) dan pada pemunculan selanjutnya hanya ditulis singkatan. Kutipan ditulis dalam uraian terdiri atas nama dan tahun. Contoh (Mujiman, 1994).

 

Nama penulis dan institusi diletakkan di bawah judul. Nama semua penulis dan institusi ditulis dengan lengkap, tanpa gelar akademik. Alamat korespondensi harus menyertakan      no. telepon/handphone, no. fax,  alamat email dan alamat surat menyurat yang lengkap.

 

Abstrak harus diketik dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia), abstrak berbahasa Indonesia diketik terlebih dahulu. Abstrak dibuat dalam bentuk narasi yang mencakup: Latar belakang, Tujuan, Metode, Hasil dan Kesimpulan. Jumlah kata maksimal 250, kata kunci maksimal 5 buah diletakkan dibawah abstrak (lihat contoh abstrak).

 

Daftar Pustaka ; Jumlah Text Book maksimal 20% dari seluruh daftar pustaka, mengikuti kaidah Vancouver, diketik dalam urutan abjad nama keluarga penulis secara kronologis, dan bila jumlah penulis lebih dari enam maka menggunakan kata et al. sebagai pengganti nama penulis ketujuh dan seterusnya,

Contoh :

  • UntukJurnal :

Murayaman T. dan H. Somiya. 1990. Distribution of ganglion cells and object localizing ability in the retina of three cetaceans. Fisheries sci., 64, pp 27-30.

  • UntukBuku :

Jobling M. 1990. Bioenergetics: feed intake and energy partititoning. In Fish Ecophysiology. pp. 1-44 (ed) J.C. Ranklin and F.B. Jensen. Chapman and New York.

  • UntukTesis/Disertasi :

Latif, M.S. 1997. Pelaku sektor informal dan pola permukimannya.Tesis Magister, program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

  • Untuk Internet :

Stacey, W.N. & D.L. Ranklin. 2004. Rice mill feed as a replacement for broiler litter in diets for growing beef cattle. http//www.jas.fass.org/misc/043.html (akses 17 Januari 2005).

Ucapan terimakasih dapat disertakan pada tulisan dan hanya diberikan kepada pihak yang benar-benar memberikan kontribusi yang bermakna.

 

Tabel/Gambar dipisahkan dari badan tulisan dan diletakkan setelah halaman referensi dan satu halaman hanya berisi satu tabel/gambar. Tabel/gambar harus diberi nomor sesuai dengan nomor pada badan tulisan. Nomor dan judul table diletakkan di atas table sedangkan nomor dan judul gambar diletakkan di bawah gambar. Singkatan dan akronim yang dipakai pada tabel/gambar harus dijelaskan pada catatan kaki di bawah keterangan table meskipun sebelumnya telah dijelaskan di dalam teks.